Pengoptimalisasian Google Clasroom bagi Dosen PSPAI

Luthfi Pradipta, S.T (Staf BSI UII) memberikan pelatihan terhadap dosen PAI (Sri Haningsih) Luthfi Pradipta, S.T (Staf BSI UII) memberikan pelatihan terhadap dosen PSPAI. (Sri Haningsih)

 

Memasuki semester genap tahun akademik 2017/2018 Program Studi Pendidikan Agama Islam (PSPAI) semakin serius dalam perkembangan teknologi edukasi yang berkembang di Lingkungan Universitas Islam Indonesia (UII). Tampak keseriusan PSPAI yang terus mengembangkan berbagai sektor selain fasilitas proses belajar mengajar juga mengembangkan beberapa kebutuhan dosen sebagai pendidik professional di perguruan tinggi yang diwujudkan dengan mengadakan Pelatihan Pengoptimalisasian Google Clasroom bagi dosen PSPAI pada Rabu (21/2).

Google Clasroom merupakan serangkaian tools produktivitas gratis dari Google meliputi Gmail, Drive, dan Docs, tersedia untuk pengguna Google Apps for Education. Google Clasroom dirancang untuk membantu guru atau pengajar membuat dan mengumpulkan tugas tanpa menggunakan kertas.

Kegiatan ini menghadirkan Ervin Yulianita Indriyani, S.T dan Luthfi Pradipta, S.T sebagai Narasumber dan juga Staf Badan Sistem Informasi (BSI) Universitas Islam Indonesia dikarenakan BSI-lah yang mengembangkan teknologi, baik dalam bentuk perangkat keras maupun perangkat lunak di Lingkungan UII. Dalam pelatihan ini narasumber memandu langsung step by step pengaplikasian google classroom. Mulai dari penjelasan yang kemudian praktik langsung.

Baca juga : PAI Tumbuhkan Semangat Berkarya Melalui Buku Ajar

Kegiatan Pengoptimalisasian dari Google Clasroom ini diadakan karena peran, tugas, dan tanggungjawab dosen sangat penting dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa, meningkatkan kualitas manusia Indonesia, baik kualitas iman dan takwa, akhlak mulia, dan penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Demi mewujudkan fungsi, peran, dan kedudukan yang sangat strategis tersebut, perguruan tinggi memerlukan dosen yang profesional.

Selain dituntut sebagai pendidik yang profesional, pendidik memiliki seperangkat kompetensi akademik, pedagogis, profesional, sosial, dan institusional. Di samping itu dosen hendaknya mampu memanfaatkan e-learning berupa Google Classroom dalam proses pembelajaran secara maksimal. Pemanfaatan situs e-learning erat hubungannya dengan pengembangan konten pembelajaran interaktif. Sesuai dengan arahan Wakil Rektor I Universitas Islam Indonesia Dr.-Ing. Ir. Ilya Fadjar Maharika, MA., IAI, menyampaikan mulai semester genap 2016/2017, sistem pembelajaran daring (online) Klasiber yang dulunya menggunakan Moodle diganti dengan Google Classroom. Sistem ini dapat diakses melalui https://klasiber.uii.ac.id. (Fatiha/Mufti)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*