Pelatihan Literasi Digital Prodi PAI UII

 

Program Studi Pendidikan Agama Islam menyelenggarakan kegiatan pelatihan literasi digital pada 26 September 2021. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring untuk membekali mahasiswa baru terkait kemampuan dalam menyusun karya tulis ilmiah. Masa transisi peserta didik dari siswa SMA/sederajat menjadi mahasiswa, memberikan dampak yang cukup signifikan dalam kehidupan peserta didik. Contohnya sebagai mahasiswa mereka dituntut untuk mengerjakan tugas dengan lebih professional dan output yang bisa dipertanggung jawabkan. Maka dari itu pelatihan ini dirasa penting dalam memberikan bekal awal bagi mahasiswa untuk meningkatkan kemampuannya dalam kegiatan literasi.

Kegiatan litersi digital ini, merupakan bagian dari rangkaian program sosialisasi pembelajaran mahasiswa baru. Peserta yang mengikuti kegiatan ini terdiri dari mahasiswa baru PAI UII 2021 dan juga mahasiswa pertukaran pelajar dari universitas yang bermitra dengan Prodi PAI UII. Pemateri kegiatan literasi digital adalah dosen-dosen Prodi PAI UII. Materi yang diberikan terkait dengan teknik paraphrase, reference manager seperti Zootero atau Mendeley, penyusunan kerangka karya tulis ilmiah dan juga pembekalan terkait teknis-teknis penulisan karya ilmiah. Kegiatan literasi digital dilaksanakan dari pagi sampai siang untuk pemberian materi, kemudian dilanjutkan sore hari untuk mempraktikan apa yang sudah dipelajari sebelumnya, dan diakhir sesi dipilih karya ilmiah yang terbaik dari praktek tersebut.

Baca juga : Tingkatkan Mutu Lulusan Melalui Academic Writing On Paraphrasing And Literature Review

Harapannya dengan adanya kegiatan ini mahasiswa baru dapat lebih mudah beradaptasi dengan konsep perkuliahan yang mulai dijalani, terutama dalam hal pengerjaan tugas mahasiswa dan pembuatan karya ilmiah. “Harapannya dengan adanya kegiatan ini, mahasiswa baru tidak kaget dengan adanya perbedaan yang mencolok antara mereka sekolah dengan jadi mahasiswa gitu, jadinya mereka sudah bisa beradaptasi dengan kondisi mereka yang sekarang” ungkap Mir’atun Nur Arifah selaku Kaprodi PAI UII. (Amr/Muf)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*