Prodi PAI UII Kirim Praktikan PPL Hingga Ujung Barat Indonesia

Penerjunan PPL Tahun 2021 di MTs Sunan Pandanaran

Pada tahun 2021, Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Indonesia kembali menerjunkan mahasiswanya untuk  Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) secara langsung di madrasah/ sekolah. Kebijakan tersebut dilakukan setelah dilakukan serangkaian evaluasi hasil PPL 2020 yang berbasis luaran, musyawarah dewan dosen prodi, musyawarah bersama mitra lokasi PPL, konsultasi kepada tim satuan tugas covid FIAI, preferensi mahasiswa dan izin orang tua/wali.

PPL 2021 memberikan kesempatan bagi para mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman mengelola proses pembelajaran dan kegiatan non-pembelajaran secara langsung.

“Alhamdulillah, kegiatan PPL 2021 kita dapat menyelenggarakannya dengan memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk praktik mengajar dan persekolahan secara langsung di madrasah/sekolah. Semoga lancar.” Ungkap syukur Ketua Prodi, Mir’atun Nur Arifah.

PPL 2021 diikuti oleh 115 mahasiswa-mahasiswi praktikan yang tersebar di 15 lembaga pendidikan di Daerah Istimewa Yogyakarta, di antaranya SMA UII, MAN 1 Yogyakarta, MAN 3 Sleman, MAN 4 Sleman, MAN 5 Sleman, MA Sunan Pandanaran, MTsN 2 Sleman, MTsN 4 Sleman, MTsN 6 Sleman, MTsN 7 Sleman, MTsN 9 Sleman, MTsN 10 Sleman, MTs YAPPI Pakem, MTs Sunan Pandanaran, dan SD Muhamadiyah Condongcatur.

Kolase Foto Penerjunan Mahasiswa PPL di Madrasah/Sekolah Mitra Prodi PAI

“Selain 15 madrasah dan sekolah yang ada di DIY, mahasiswa juga ada yang mengikuti PPL di 3 sekolah di Lampung (SD, SMP, dan SMA Al-Kautsar Bandar Lampung, Lampung), 2 madrasah di Langkat Sumatera Utara (MTs dan MA Al-Yusriah Langkat, Sumut), dan 1 madrasah di Denpasar Bali (MTs Generadi Emas Denpasar, Bali)”. Sambung Mizan Habibi, PIC PPL 2021.

Baca juga : Serah Terima Student Exchange PAI UII – PAI UAA

Praktikan PPL akan melakukan praktik mengelola pembelajaran dan aktivitas non-pembelajaran. Harapannya, kelak akan menjadi bekal berharga untuk menyiapkan dirinya sebagai pendidik yang menerapkan prinsip-prinsip insan ulil albab dan rohmatan lil ‘alamin sebagaimana nilai dasar UII. (Mzn/Mft)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*