Workshop Pemetaan Cluster Unggulan Penelitian PAI

Workshop Pemetaan Cluster Unggulan Penelitian PAI
Workshop Pemetaan Cluster Unggulan Penelitian PAI

Penelitian merupakan salah satu catur dharma Universitas Islam Indonesia. Oleh karenanya penelitian hukumnya wajib dilakukan oleh lembaga-lembaga dan program studi bawah naungan Universitas Islam Indonesia, terlebih bagi seorang dosen. Berdasarkan evaluasi diri, Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia teridentifikasi bahwa secara kuantitas hasil penelitian dosen Program Studi Pendidikan Agama Islam sudah terbilang cukup banyak. Hal ini mengindikasikan bahwa atmosfir penelitian di lingkungan Program Studi Pendidikan Agama Islam sudah terbangun dengan baik. Hanya saja, perlu rumusan roadmap dan rencana strategis penelitian yang relevan dengan pengembangan Pendidikan Agama Islam untuk dijadikan acuan bagi setiap pelaksanaan penelitian  di program studi Pendidikan Agama Islam.

Selasa, 18 Oktober 2016, bertempat di ruang microteaching Lt. 2 Gedung Wahid Hasyim, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Ilmu Agama Islam menyelenggarakan workshop pemetaan cluster unggulan penelitian program studi Pendidikan Agama Islam (PAI). “Workshop ini bertujuan untuk menyusun dokumen yang memuat roadmap dan rencana strategis mengenai arah, cluster, dan tema-tema unggulan penelitian dalam bidang Pendidikan Agama Islam. Terlebih, karena Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Ilmu Agama Islam (FIAI) Universitas Islam Indonesia (UII) mempunyai visi menjadi salah satu rujukan dan pusat pengembangan pendidikan Islam, penelitian, dan pengabdian di Asia Tenggara”. Kata Supriyanto Abdi mewakili Program Studi PAI.

“Tema penelitian dalam bidang Pendidikan Agama Islam harus merambah ke ranah kehidupan umat Islam secara historis, empiris, dan kontesktual. Tidak hanya berhenti pada wilayah Islam normatif-tekstual. Tema-tema penelitian program studi Pendidikan Agama Islam  harus harus menjangkau realitas kehidupan yang sesungguhnya. Oleh karenanya, pemetaan cluster penelitian dalam bidang Pendidikan Agama Islam harus berdasarkan analisa secara induktif”. Papar Prof. Dr. Sutrisno, M.Ag, Guru Besar UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta selaku salah satu narasumber.

Direktur PPM UII, Prof. Ahmad Fauzy, S.Si., M.Si., Ph.D., selaku Pemateri dan Peserta Berfoto Bersama Usai Workshop Pemetaan Cluster Unggulan Penelitian PAI

Direktur PPM UII, Prof. Ahmad Fauzy, S.Si., M.Si., Ph.D., selaku Pemateri dan Peserta Berfoto Bersama Usai Workshop Pemetaan Cluster Unggulan Penelitian PAI

Sementara itu, nasrasumber lainnya, Prof.  Ahmad Fauzy, S.Si., M.Si., Ph.D., yang juga menjabat sebagai Direktur Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM) Universitas Islam Indonesia (UII) memaparkan bahwa penyusunan rencana strategis atau roadmap penelitian Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) berdasarkan pemetaan disiplin keilmuan masing sumber daya manusia yang ada dan berbasis pada pendekatan kolaboratif antar dosen.

Harapan dari terselenggaranya workshop ini adalah Program Studi Pendidikan Agama Islam mempunyai dokumen yang memuat roadmap dan rencana strategis mengenai arah, cluster, dan tema-tema unggulan penelitian di bidang Pendidikan Islam yang dijadikan rujukan proses penelitian.

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*