Tingkatkan Publikasi Ilmiah PSPAI Adakan Sosialisasi Buku Ajar

Suasana Sosialisasi Aturan Pengajuan Proposal Dana Hibah Buku Ajar yang bertempat di Ruang Sidang PSPAI, Selasa (15/05) (Mufti)

Peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dapat diukur di antaranya dengan  peningkatan publikasi ilmiah baik dalam bentuk artikel ilmiah dalam jurnal, maupun buku teks/ajar.

Maka dari itu Program Studi Pendidikan Agama Islam (PSPAI) Fakultas Ilmu Agama Islam (FIAI) Universitas Islam Indonesia (UII) yang merupakan salah satu Prodi di antara sekian Prodi di Lingkungan UII, memiliki komitmen terhadap peningkatan SDM di internal Prodi khususnya para dosen dalam aspek peningkatan publikasi ilmiah khususnya penulisan buku ajar keagamaaan.

Dalam rangka peningkatan publikasi ilmiah tersebut PSPAI menyelenggarakan Sosialisasi Aturan Pengajuan Proposal Dana Hibah Buku Ajar yang bertempat di Ruang Sidang PSPAI, Selasa (15/05) dengan peserta seluruh Dewan Dosen PSPAI.

Hadir dalam kegiatan tersebut Dr. Tamyiz Mukharrom, MA selaku Dekan FIAI sekaligus menyambut acara. Dalam sambutannya menyampaikan bahwa PSPAI merupakan prodi pertama yang menyelenggarakan sosialisasi terkait hal ini. Harapannya apa yang dimulai oleh PSPAI dapat memberikan semangat pada prodi-prodi lainnya di Lingkup FIAI.

“Semoga kegiatan ini dapat menjadi sarana pengembangan kemampuan dosen-dosen di bidang menulis dan kedepannya akan lebih banyak dosen yang mendapatkan dana hibah penulisan buku ajar,” pungkasnya.

Sosialisasi ini turut menghadirkan dua orang Narasumber yaitu Dr. Jaka Nugraha, S.Si., M.Si selaku Direktur Badan Pengembangan Akademik (BPA) dan Nurkhalik Ridwan, S.Ag., M.Ag selaku Penulis Buku serta Peneliti di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Baca juga : Upaya PSPAI dalam Merespon Perubahan Kurikulum Perguruan Tinggi

Dalam kesempatan tersebut Jaka Nugraha tak lupa menyampaikan Aturan-aturan dalam penulisan Buku Ajar sesuai dengan format Badan Pengembangan Akademik UII.

“Dosen jangan hanya terjebak dalam proses kegiatan mengajar, namun ada kegiatan-kegiatan lain yang perlu dilakukan untuk mewujudkan catur dharma perguruan tinggi, salah satunya adalah kegiatan menulis ini,” ungkap Jaka yang juga merupakan Dosen Tetap FPSB UII tersebut.

Nurkhalik Ridwan, S.Ag., M.Ag dalam penyampaiannya. (Mufti)

Selanjutnya di sesi kedua dalam penyampaiannya Nurkhalik Ridwan mengungkapkan beberapa tips dalam menulis diantaranya yang pertama menciutkan atau menentukan wilayah garapan, kedua menentukan idenya, ketiga memperdalam ide yang telah ditemukan caranya bisa dengan membaca buku atau berdiskusi dengan orang lain, keempat merencanakan menulis dan membaca trend buku saat ini, kelima mengumpulkan bahan.

“Menulis adalah bagian dari pergulatan hidup, apa yang kita tulis merupakan bagian atau tahapan dari hidup kita. Karena itulah dalam menulis kita juga harus memohon bimbingan dari Allah SWT. Menulis adalah amal, karena itu harus ada niatan yang baik dari awal. Selain itu ketika menulis harus menjaga keistiqomahan agar apa yang ditulis bisa selesai,” lanjutnya. (Mufti)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*