PROFIL LULUSAN
Lulusan PAI diharapkan memiliki kompetensi serta profesionalisme di bidangnya. Dari gelar sarjana pendidikan (S.Pd.) yang didapat dari program studi ini, lulusan sarjana Pendidikan Agama Islam berpeluang menjadi pendidik khususnya dalam bidang agama Islam. Selain memiliki prospek karier menjadi pendidik, sarjana PAI juga diharapkan bisa mengembangkan ilmu yang telah didapatkan dengan menjadi peneliti yang kritis terhadap fenomena-fenomena Islam masa kini. Entrepreneur di bidang Pendidikan Agama Islam juga merupakan salah satu pilihan untuk lulusan S1 Pendidikan Agama Islam agar bisa mendakwahkan Islam ke lingkungan yang lebih luas lagi.
Sifat |
Profil lulusan |
Deskripsi |
Karakter Kepribadian Lulusan |
Inti |
Pendidik |
Berperan dalam mendesain, mengimplementasikan, dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam |
- Credible
- Capable
- Confident
- Communicative
- Uswah |
Pendukung |
Peneliti Pendidikan |
Berperan dalam mengkaji, meneliti, dan mengembangkan ilmu pengetahuan dalam bidang Pendidikan Islam |
|
Pendukung |
Edupreneur |
Berperan dalam aktivitas wirausaha, training, dan cipta inovasi dalam bidang pendidikan |
Keterangan penggunaan istilah:
Pendidikan Islam (PI) |
: |
Pendidikan yang dikembangkan secara Islami/ berbasis nilai-nilai Islam. Pendidikan Islam lebih cenderung bersifat institusional. |
Pendidikan Agama Islam (PAI) |
: |
Pendidikan tentang agama Islam. PAI lebih cenderung sebagai objek kajian. Berkedudukan sebagai materi atau bahan yang dipelajari/ dikaji. |
Credible |
: |
Lulusan dapat dipercaya, memiliki tanggung jawab dan berkompeten |
Capable |
: |
Lulusan memiliki kecakapan dan keterampilan yang profesional. |
Confident |
: |
Lulusan memiliki rasa percaya diri dan mampu mengaktualisasikan potensinya |
Communicative |
: |
Lulusan mampu berkomunikasi secara efektif, persuasif dan responsif. |
Uswah |
: |
Lulusan yang berkepribadian dan berakhlak mulia, serta dapat menjadi teladan yang baik. |