Tingkatkan Skill Mahasiswa Melalui Klinik PKM

 

Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Indonesia menyelenggarakan klinik PKM dan Pendampingan dengan tema “Sukses Berkarya melalui PKM”. Rangkaian kegiatan terselenggara pada 1-30 September 2021. Kegiatan yang terlaksana secara daring ini menghadirkan dua narasumber yaitu Beni Suranto, S.T., M.Soft.Eng. dan Malik Khidir, S.Si.

Kegiatan ini bermula dari rendahnya tingkat partisipasi mahasiswa program studi Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Salah satu kendalanya adalah karena keterserapan informasi di tingkat mahasiswa PAI seputar PKM masih bisa dibilang cukup minim. Lebih lanjut lagi, kemampuan di bidang menulis mahasiswa PAI juga perlu ditingkatkan.

Oleh karena itu, Program Studi PAI lewat CSSD (Center of Student Service and Development) berinisiasi menyelenggaraan dua aktivitas untuk mendukung tantangan di atas. Pertama, CSSD mengadakan klinik PKM dalam bentuk workshop pada tanggal 1 September 2021. Kegiatan dilanjutkan dengan mentoring membuat proposal penelitian selama satu bulan dengan dipandu dosen pendamping pada setiap kelompok. Kegiatan mentoring terlaksana selama 1 bulan mulai 2 – 30 September 2021.

Tujuan panjang dari aktivitas pengembangan soft skill mahasiswa ini adalah untuk meningkatkan mutu lulusan prodi PAI dimana mahasiswa dapat memiliki skill of thinking, management skill, academic skill dan communication skill. Sedangkan tujuan jangka pendek dari aktivitas ini adalah meningkatkan pengetahuan dan skill mahasiswa seputar Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan bisa menyusun proposal penelitian yang siap submit untuk PKM.

Antuasiasme tinggi ditunjukkan oleh mahasiswa dengan adanya kegiatan ini, hingga akhirnya terpilih 8 kelompok yang berhak mengikuti pendampingan. Luaran dari kegiatan klinik PKM dan pendampingan adalah proposal PMK siap submit yang akan diikutkan dalam kegiatan PKM tahun depan. (Nng/Muf)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*