Terima Asesmen AUN-QA, Ikhtiar Prodi PAI UII Beradaptasi dengan Dunia Global

Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Indonesia menerima visitasi asesmen dari Asean University Network Quality Assurance (AUN-QA). Visitasi terlaksana selama lima hari pada tanggal 25 – 29 Oktober 2021 secara remote/ online, sehingga asesor menilai dari negaranya masing-masing. Prof. Dr. Raymund Sison sebagai lead assessordari De La Salle University, Filipina dan Dr. Porngarm Virutamasen dari Srinakharinwirot University, Thailand.

Dalam prosesnya, Prodi PAI UII telah melakukan registrasi dan submit self assessment report sejak tahun 2019. Menerima asesmen dari AUN-QA merupakan upaya untuk mendapatkan rekognisi melalui sertifikasi internasional, sebagaimana tercantum dalam visi Prodi PAI yang memiliki cita-cita menjadi inspirator di Asia Tenggara.

“Selain mendapatkan rekognisi Internasional, proses sertifikasi AUN-QA ini adalah ikhtiar kami untuk menjadi lebih baik. Karena kami mempunyai keyakinan, institusi yang baik adalah yang senantiasa mampu beradaptasi dan mengembangkan dirinya. Continuous improvement” terang Mir’atun Nur Arifah, Ketua Prodi PAI UII.

Kegiatan asesmen kali ini dilaksanakan selama lima hari dengan rangkaian acara di hari pertama diantaranya opening ceremony, diskusi dengan pimpinan fakultas, wawancara dengan pimpinan prodi dan tim penyusun SAR, wawancara dengan dosen prodi, dan live streaming fasilitas universitas.

Foto bersama AUNQA hari terakhir

Hari kedua dilanjutkan wawancara dengan tenaga kependidikan universitas, tenaga kependidikan fakultas, dan mahasiswa. Agenda dilanjutkan pada hari ketiga dengan live streaming fasilitas fakultas dan prodi, serta menjadi waktu bagi alumni dan user prodi untuk memberikan konfirmasi dan informasi kepada asesor AUN-QA. Verifikasi dokumen dan penyampaian rekomendasi dilakukan di hari keempat. Lalu asesmen ditutup dengan closing ceremony di hari kelima.

Di akhir sambutannya, Prof Raymund, selalu Chief Assessor menyampaikan bahwa sudah saatnya Prodi PAI UII menyiapkan atmosfer akademik dan lulusan yang mampu bersaing di level global. (Nng/Mft)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*