PAI Gelar Diskusi Publik dengan Tema Peningkatan Kualitas Pendidikan Madrasah di Indonesia

Kaliurang- Madrasah Empowering Center (MEC) Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Jurusan Studi Islam (JSI) Fakultas Ilmu Agama Islam (FIAI) UII menggelar diskusi publik bertemakan  “Kebijakan Peningkatan Kualitas Pendidikan Madrasah di Indonesia”. Acara yang diselenggarakan pada tanggal 26 Maret 2021 tersebut diikuti oleh dosen-dosen Prodi PAI dan perwakilan guru dari berbagai madrasah dan sekolah mitra Prodi PAI. Bapak Moh. Mizan Habibi, S.Pd.I., M.Pd.I selaku Ketua Program Studi Pendidikan Agama Islam dalam sambutannya menyampaikan bahwa acara ini bertujuan untuk memberikan bekal pada pengelola madrasah dan stake holder yang lain untuk terus mengembangkan madrasah sesuai dengan slogan “Madrasah Hebat dan Bermartabat”.

Hadir sebagai pembicara, Bapak Dr. H. Ahmad Hidayatullah, M.Pd yang merupakan Kasubdit Kurikulum dan Evaluasi Direktorat KSKK Madrasah Kementerian Agama Republik Indonesia.  Beliau menyampaikan tentang arah kebijakan dan manajemen mutu madrasah melalui beberapa program dan strategi kebijakan, yang salah satunya adalah implementasi REP-MEQR (Realizing Education’s Promise-Madrasah Education Quality Reform) pada tahun 2020-2024. Selain itu, beliau juga menyampaikan tentang transformasi digital madrasah yang dikembangkan menggunakan smart infrastructure, smart system, smart management, data center, helpdesk system, dan beberapa komponen lainnya.

Di akhir acara, Bapak Kurniawan Dwi Saputra, Lc., M.Hum (Dosen Prodi PAI) selaku moderator menyimpulkan bahwa di tengah era disrupsi ini, ragam model pembelajaran di madrasah harus memiliki inovasi karena metode pembelajaran memiliki peran sentral agar konten dapat tersampaikan dengan baik. (Mir/Muf)

 

Materi yang pembicara sampaikan dapat diunduh melalui link berikut: Klik disini

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*