Diskusi Isu-Isu Pendidikan bersama Prof. Amin Abdullah

Kaliurang- Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Jurusan Studi Islam (JSI), Fakultas Ilmu Agama Islam (FIAI) UII menggelar Mengaji dan Mengkaji dengan mengusung tema “Pendekatan Interdisiplin, Multidisiplin, dan Transdisiplin dalam Kajian Pendidikan Islam Kontemporer”. Kegiatan yang diselenggarakan pada tanggal 18 Maret 2021 secara khusus dihadiri oleh Prof. Dr. H. M. Amin Abdullah (Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia dan Guru besar UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta).

Bapak Dr. Tamyiz Mukharrom, MA selaku Dekan FIAI dalam sambutan sekaligus membuka acara menyambut baik pelaksanaan kegiatan tersebut. “Pengembangan Pendidikan Islam dengan pendekatan yang multidisiplin harus diterapkan untuk menghadapi masyarakat yang majemuk”, tambahnya.

Dalam sambutannya, Ketua Program Studi Pendidikan Agama Islam, Bapak Moh Mizan Habibi, S.Pd.I., M.Pd.I menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan rutin Prodi PAI yang diselenggarakan sebagai bentuk meningkatkan dan mengembangkan atmosfer akademik di lingkungan Prodi PAI, sekaligus memberikan aura positif untuk merespon isu-isu faktual terkait dengan pendidikan Islam.

Pada kesempatan tersebut Prof.Amin Abdullah menyampaikan bahwa penting untuk mengukuhkan agama di era disrupsi, terlebih ayat-ayat di dalam Al-Qur’an telah mengajarkan problem solving secara kompleks. Tantangan selanjutnya adalah bagaimana mendekatkan humanities, social sciences, dan nature sciences di dalam koor agama. “Wawasan kita harus tambah lebar karena tantangannya juga lebih besar” imbuhnya.

Drs. Aden Wijdan SZ, M.Si. (Dosen Prodi PAI) selaku moderator juga menambahkan bahwa dunia pendidikan masih memiliki PR untuk membangun teoritical framework agar membangun sikap yang lebih terbuka. (Mir/Muf)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*