Tumbuhkan Semangat Berkarya PAI Sukses Adakan Pelatihan Penyusunan Buku Ajar

Tumbuhkan Semangat Berkarya PAI Sukses Adakan Pelatihan Penyusunan Buku Ajar

 

KALIURANG  – Program Studi Pendidikan Agama Islam (PSPAI) Fakultas Ilmu Agama Islam (FIAI) Universitas Islam Indonesia (UII) sukses mengadakan Pelatihan Penulisan Buku Ajar. Acara digelar di Ruang Sidang PSPAI, Rabu, 22 Rajab 1438 H/19 April 2017. Hadir sebagai narasumber Dr. Drs. Hujair AH Sanaky, MSI (Direktur Program Pascasarjana FIAI sekaligus dosen PSPAI FIAI) dan Dra. Sri Haningsih, M.Ag (Wakil Dekan FIAI UII).

Dalam paparannya, Hujair AH Sanaky menyampaikan beberapa poin penting tentang strategi menghasilkan karya berupa buku ajar. Dia mengawali dengan menjelaskan tentang apa yang dimaksud modul, hand out, dan diktat. Menurutnya, sebagai dosen yang semestinya mampu menyajikan materi perkuliahan yang baik harus menyiapkan modul. Modul merupakan bahan ajar yang disampaikan oleh dosen kepada mahasiswa yang rata-rata selesai setiap satu pertemuan.

Sedangkan hand out adalah materi yang biasa disampaikan oleh dosen dalam proses perkuliahan berupa slide power point presentasi. Adapun diktat disajikan secara bab per bab atau dapat dikatakan sebagai pra-buku. “Awali dengan menulis, kemudian luangkan waktu, serius, dan jadikan sebuah draft. Kata kuncinya adalah menulislah mulai dari sekarang,” ujar penulis best seller seri media pembelajaran tersebut.

Sementara itu, Sri Haningsih menekankan pada bagaimana cara membuat proposal penulisan buku ajar, manuskrip, teknis penulisan buku ajar, serta regulasi dalam mengajukan manuskrip atau proposal penulisan buku ajar di level internal universitas dalam hal ini Badan Pengembangan Akaemik (BPA) UII. Sejalan dengan itu, dia memotivasi para dosen PAI segera mengajukan karyanya ke BPA.

Menurutnya, sejak awal setiap dosen harus mengkonstruksi mental bahwa menulis buku itu tidak sulit meskipun butuh perjuangan hebat. Bermodal tekad yang bulat dan kesediaan menyisihkan waktu untuk menulis, insya Allah karya-karya tersebut akan segera terbit. “Dalam hal ini sangat sesuai ketika meminjam istilahnya Aa Gym, yaitu dalam melakukan sesuatu pakailah prinsip 3M, yaitu mulailah dari diri sendiri, mulailah dari hal yang kecil, dan mulailah hari ini juga,” tuturnya.

Dalam sambutannya, Dekan FIAI Dr. Tamyiz Mukharrom, MA., berpesan agar PSPAI dapat produktif dalam menghasilkan karya salah satunya berupa buku ajar. Anjuran ini ditujukan kepada seluruh dosen PSPAI khususnya dosen muda. Acara yang digelar sampai siang hari tersebut dihadiri seluruh dosen PSPAI.

Dari hasil pelatihan yang telah dilaksanakan PSPAI, telah direncanakan pengiriman beberapa manuskrip buku ajar dari para dosen. “Semoga dengan kegiatan positif semacam ini akan memberikan efek laten bagi para dosen agar istiqamah serta produktif dalam menulis buku ajar,” ujar salah satu peserta pelatihan. (Burhan/PAI)

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*