Penerimaan Mahasiswa Baru

PANITIA PENERIMAAN MAHASISWA BARU

Gedung Muhammad Adnan (D3 Ekonomi)
Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia
Jl. Kaliurang km. 14,5 Yogyakarta 55584
T (0274) 898444 Ekstensi 1234
F (0274) 898459
E admisi@uii.ac.id
W pmb.uii.ac.id

Program Pascasarjana
FIAI UII (S2 dan S3)

Jl. Demangan Baru 24 Yogyakarta
Telepon/Faks. 0274- 523637
Website: master.islamic.uii.ac.id
Email: msi@uii.ac.id

SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU

Proses seleksi PMB UII tahun akademik 2018/2019 secara umum mengikuti 4 (empat) pola seleksi, yaitu:

Computer Based Test (CBT) adalah pola seleksi melalui Ujian Potensi Calon Mahasiswa (UPCM) yang diselenggarakan dengan menggunakan komputer. Pendaftar CBT dapat memilih maksimum dua pilihan program studi. Hasil CBT dapat diperoleh segera setelah tes selesai dilakukan. Pendaftar yang lolos seleksi dan dinyatakan sebagai calon mahasiswa harus melakukan registrasi sesuai waktu dan prosedur.

Paper Based Test (PBT) adalah pola seleksi melalui Ujian Potensi Calon Mahasiswa (UPCM) yang diselenggarakan secara tertulis. Semua program studi melakukan seleksi calon mahasiswa menggunakan pola seleksi PBT.

Penelusuran Siswa Berprestasi (PSB) adalah pola seleksi penerimaan calon mahasiswa melalui seleksi prestasi bidang akademik dan minat-bakat. Semua program studi menerima mahasiswa baru melalui pola seleksi PSB dengan pengaturan kuota dan seleksi yang ditentukan oleh fakultas. Pola seleksi PSB terdiri dari 4 (empat) kategori, yaitu:

– Kategori Siswa Berprestasi Bidang Akademik,
– Kategori Siswa Berprestasi Bidang Olahraga dan Seni
– Kategori Beasiswa Duafa
– Kategori Prioritas Daerah Tertinggal, Terluar & Terdepan (3T)

Penelusuran Hafiz Alquran (PHA) adalah pola seleksi yang ditujukan bagi siswa yang hafal Alquran minimal 10 juz dan memiliki kemampuan akademik yang tinggi. Bagi pendaftar yang lolos seleksi melalui kategori ini dapat mengikuti seleksi Beasiswa Hafiz/Hafizah Alquran. Syarat minimum untuk lolos seleksi dan mendapatkan Beasiswa Hafiz/Hafizah Alquran adalah hafal Alquran minimal 15 juz.

 

Untuk informasi selengkapnya tentang pola seleksi PMB UII dapat di akses melalui website pmb.uii.ac.id