49 Mahasiswa Prodi PAI Ikuti PPL II

49 Mahasiswa Prodi PAI Ikuti PPL II
49 Mahasiswa Prodi PAI Ikuti PPL II

49 mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) semester ini mengikuti Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) II di beberapa sekolah yang menjadi mitra kerjasama Fakultas Ilmu Agama Islam (FIAI) Universitas Islam Indonesia. Para mahasiswa ini dibagi dalam lima kelompok dan didampingi oleh masing-masinng dosen pembimbing. Kelompok I diterjunkan di Sekolah Menengah Atas (SMA) UII yang berada di jalan Sorowajan Baru, Banguntapan, Bantul Yogyakarta, Senin 11 Agustus 2014.

Pusat Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Islam (P3I) FIAI UII mengkoordinasikan berbagai hal terkait praktik pengalaman lapangan tahap kedua ini. Peserta PPL II kelompok pertama didampingi oleh dosen pembimbing Drs. Aden Wijdan SZ, M.Si. Secara simbolis penyerahan kelompok ini di SMA UII dilakukan oleh Wakil Dekan FIAI UII, Dra. Sri Haningsih, M.Ag. Selain itu, kegiatan juga diikuti oleh Ketua Program Studi PAI, Dr. Drs. Muhammad Idrus, S.Psi., M.Pd dan Kepala P3I Dr. Hujair AH Sanaky, MSI. Kepala sekolah SMA UII, Sumaryatin, S.Pd, M.Pd., menerima secara langsung para mahasiswa kelompok ini.

Kepala SMA UII, Sumaryatin, menyampaikan sambutan penerimaan para mahasiswa praktik. Ia menyeatakan bahwa sekolah yang dipimpinnya merupakan bagian dari keluarga besar UII. Pendidiriannya juga dimotori oleh FIAI UII sehingga kehadiran mahasiswa Prodi PAI dalam rangka melaksanakan praktik merupakan kebahagiaan baginya. Sumaryatin juga mengingatkan bahwa mahasiswa akan langsung mempraktikan ilmu menjadi guru kelas, guru piket, tata usaha, pustakawan, dan guru pembimbing konseling selama melaksanakan PPL II. Guru menurutnya diambil dari gabungan dua kata yaitu digugu dan ditiru. Hal ini menandakan bahwa mahasiswa PPL harus mampu menjaga kualitas, disiplin dan menyesuaikan diri dalam melaksanakan PPL II dengan penuh tanggung jawab.

Dosen pembimbing, Drs. Aden Wijdan SZ, M.Si., menyebutkan bahwa kurikulum Prodi PAI FIAI UII melalui salah satu mata kuliahnya telah mulai mengadopsi aplikasi kurikulum 2013. Melalui adopsi kurikulum 2013 ini, disain pembelajaran lebih berorientasi pada latihan langsung. Aden Wijdan mengakui bahwa sampai saat ini sumber belajar kurikulum 2013 yaitu buku wajib pegangan guru dan siswa belum diterima sekolah-sekolah. Namun Prodi PAI FIAI UII sudah mendisain proses pembelajaran dengan latihan langsung agar sesuai dengan tuntutan kurikulum yang baru.

Pusat Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Islam FIAI UII juga menempatkan kelompok PPL II lainnya di MAN Yogyakarta I, MAN Yogyakarta II, MAN Maguwoharjo Yogyakarta, dan MAN Pakem. PPL II merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa Prodi PAI FIAI untuk mengasah kemampuan mengajar di lapangan sesuai dengan apa yang dipelajari di bangku kuliah. Mata kuliah ini juga menggembleng mental mahasiswa dengan target mereka nantinya menjadi lulusan yang siap untuk menjadi guru sesuai dengan standar kependidikan yang ditetapkan pemerintah.

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*